Rabu, 20 Januari 2010

PROPOSAL PENAWARAN SISTEM INFORMASI HOTEL


PROPOSAL PENAWARAN

SISTEM INFORMASI HOTEL

PENDAHULUAN

Seiring dengan terus meningkatnya arus wisata baik dari dalam mupun luar negeri telah menjadikan industri pariwisata kian berkembang pesat. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, maka hotel sebagai salah satu bagian dari tourism industry terus dituntut untuk dapat memberikan kontribusi yang berarti. Apalagi saat ini kita sedang berada dalam era globalisasi yang mengisyaratkan agar seluruh pelaku usaha termasuk dalam sektor pariwisata untuk terus meningkatkan profesionalisme kerja dan kinerja usahanya agar dapat dengan mudah diakses di berbagai belahan dunia. Oleh karenanya hotel sebagai salah satu perusahan jasa pariwisata tentunya membutuhkan suatu manajemen yang lebih baik sehingga dapat memajukan usahanya sekaligus dapat memberikan pelayanan prima, yaitu pelayanan yang cepat dan memuaskan bagi seluruh pengguna jasa hotel.

Dalam konteks inilah pihak manajemen perlu menggunakan sistem informasi berbasis komputer yang diharapkan dapat mengatasi berbagai masalah dalam pengembangan usaha dan pelayanan karena sistem informasi berbasis komputer memiliki kemampuan:

1. Memusatkan data pada satu tempat, sehingga data yang digunakan selalu konsisten dan memungkinkan pihak manajemen hotel untuk mengambil keputusan berdasarkan data yang ada.

2. Melakukan proses tracking atau pencarian data dengan berbagai kriteria dengan kecepatan dan ketelitian yang lebih baik dibandingkan dengan pencarian data secara manual.

3. Menghasilkan laporan-laporan serta dapat mereproduksi laporan yang pernah dibuat dengan lebih cepat.

Untuk mendapatkan sistem pengolahan yang baik diperlukan perangkat lunak, perangkat keras dan SDM yang memadai. Oleh karena itu dalam kesempatan ini kami dari JOGJA Software sebagai perusahaan yang bergerak dalam pengembangan software dan desain web menawarkan sebuah solusi berupa paket program Sistem Informasi Hotel untuk mendata proses transaksi yang ada pada hotel.

Sistem yang kami tawarkan merupakan suatu sistem yang terpadu (integrated system) dari beberapa divisi yang ada di hotel yang meliputi Front Office, House Keeping, Food & Beverage dan Back Office serta program Accounting yang dapat diterapkan di Hotel.

Dengan perubahan sistem dari sistem manual kepada sistem komputerisasi tentunya dalam menyelesaikan suatu pekerjaan akan dapat diselesaikan secara efektif dan efisien selain itu juga lebih mudah dalam melakukan kontrol perusahaan/hotel dalam mengukur tingkat kemajuan.

KEMAMPUAN SISTEM INFORMASI HOTEL

Secara umum sistem dibagi menjadi empat bagian utama:

1. Modul Front Office meliputi:

Room reservation, guest registration dan pembayaran.

Program ini dapat digunakan untuk memudahkan:

§ Memasukkan data tamu yang masuk untuk pembuatan slip pemesanan kamar yang akan diberikan kepada divisi lain diantaranya House Keeping dan Food & Beverage.

§ Mengetahui jumlah tamu yang datang (guest arrival lists).

§ Mengetahui customer tetap maupun customer umum yang digunakan sebagai pertimbangan dalam pengambilan kebijakan pelayanan kepada customer tersebut.

§ Mengelompokkan jenis tamu VIP ataupun non-VIP

§ Mengetahui jumlah kamar yang siap untuk dipakai serta fasilitasnya.

§ Mengetahui tamu check in dan nomor kamar tamu serta check out.

§ Mencatat transaksi pembayaran sewa kamar hotel serta tambahan dari departemen lain diantaranya Food & Beverage baik secara tunai maupun kredit.

§ Pembuatan laporan baik laporan harian, mingguan, bulanan maupun tahunan untuk bagian accounting.

2. Modul Restoran

Program pada bagian ini digunakan untuk:

§ Pencarian jenis makanan dan minuman serta detail harganya

§ Mencatat transaksi penjualan secara tunai maupun kredit serta mencetak nota penjualan.

3. Modul General Ledger (Akuntansi)

Program pada bagian ini digunakan untuk:

§ Mencatat semua transaksi jurnal pemasukan dan pengeluaran uang (pemakaian dana).

§ Menghasilkan laporan neraca, laba rugi, neraca percobaan, dan buku besar.

4. Modul Back Office

Program pada bagian ini digunakan untuk:

§ Mencatat purchasing, storing dan inventory

§ Mengetahui daftar piutang yang dimiliki pada customer

§ Mencatat pembayaran piutang dan mencetak nota pembayaran piutang.

§ Mengetahui daftar hutang kepada supplier

§ Mencatat pembayaran hutang

§ Mencatat pembelian barang

§ Mencatat retur barang

§ Mengetahui barang yang diretur

§ Menghasilkan laporan berdasarkan transaksi yang sudah dilakukan

GARANSI SOFTWARE

Garansi software hotel selama 1 (satu) tahun sejak software diinstall.

HARGA PROGRAM DATABASE

Software (Sistem Informasi) Hotel sebesar Rp. 25.000.000,00 (dua puluh lima juta rupiah).

PENUTUP

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan terjadi suatu komunikasi timbal balik yang berguna bagi pihak manajemen Hotel ataupun bagi kami sebagai software developer.

Demikianlah proposal yang kami ajukan sebagai bahan pertimbangan. Besar harapan kami dapat bekerjasama dengan Hotel saudara.

HOTLINE : 085878537301

e-mail : wbasuki1@gmail.com, Wahyu_basf@yahoo.co.id

URL: smartquantumentrepreneurship.blogspot.com- programpendanaannonlimit.blogspot.com, danapilkadaseluruhindonesia.blogspot.com

AIR CONSULTANT – PT. TUGU PERSADA NUSANTARA

A: ATTITUDE - ATTRACT - ACCOUNTABLE AFFIRMATION OF COMMITMENT

I : INTELLIGENCE - INTEGRITY - INNOVATIONS

R : RELATIONSHIP TO RESULT ORIENTED TO GROW RICH

LEGAL ASPEK : PT. TUGU PERSADA NUSANTARA (SEJAK TAHUN 2003) NOTARIS : ASNAHWATI H, S.H.



1 komentar:

  1. Terima kasih atas sharing-nya, sangat bermanfaat bagi para hotelier atau hospitality interest. Berdasarkan keterangan di atas, akhirnya kami bisa menghadirkan sistem atau software untuk perhotelan di Indonesia yang simple dan user friendly, bisa di-download dengan gratis di website Sistem Software Hotel Indonesia.
    Semoga Bermanfaat, salam hotelier ^_^

    BalasHapus